Kualitas

Diposting oleh Label: di

Kualitas adalah sebuah value yang menunjukkan sikap kerja keras untuk melakukan yang terbaik. Kualitas adalah sebuah hal yang paling dicari setelah sikap dan reputasi.

Sejumlah anggapan mengatakan bahwa seorang pemimpin tidak usah memperhatikan hal-hal kecil. Memang dalam praktek dan realita ada hal-hal kecil yang bisa didelegasikan kepada orang laing seperti pekerjaan rutin mengetik, membalas email harian, membungkus barang pesanan dsb. Tetapi tetap sebuah prinsip bahwa perhatian pada hal-hal kecil adalah ciri khas seorang pemimpin.

Tali statik adalah sebuah tali yang ketika terkait ke kabel lantai akan menyebabkan parasut mengembang. Sikap perhatian pada hal kecil seperti ini diperlihatkan oleh Collin Powell. Setelah hari yang melelahkan penuh dengan latihan baris berbaris, Collin Powell mempersiapkan pasukan untuk terjun menggunakan parasut dari helikopter. Dua kali Collin Powell menyuruh setiap orang di pasukannya untuk memeriksa tali statik mereka.

Tidak cukup dengan itu, Colin Powell masuk dalam kerumunan pasukannya dan mulai memeriksa sendiri satu per satu tali statik masing-masing pasukannya. Dan mengejutkan ternyata ada satu tali statik yang longgar, yang apabila saat itu tidak ditemukan maka tentara tersebut akan terjun dari helikopter seperti sebongkah batu.

Situasi yang penuh ketegangan dan kelelahan adalah saat-saat paling subur untuk memunculkan sebuah masalah. Ketika orang lain teralihkan perhatiannya, seorang pemimpin harus ekstra jeli.

"Selalu memeriksa hal-hal kecil telah menjadi salah satu aturan wajibku"
-Collin Powell-

"Waspadailah orang yang tidak peduli pada hal-hal kecil"
-William Feather, SR-

"Pekerjaan menunjukkan manusianya"
-Pepatah Irladia-

"Mesin tik ini mxmxng bxgus, kecuxli sxtu tombolnyx. Ke-25 tombol lxinnya berfungsi dengxn bxik, txpi sxtu kekurxngxn kecil ini bisx menghxncurkxn seluruh pekerjxxn"
-Willixm D. Ellis-



Back to Top