Tagline Terkini Dari Produk-produk ternama di Indonesia

Diposting oleh Label: di

Tagline Terkini Dari Produk-produk ternama
Tagline
Rangkaian kata pendek yang dibuat untuk mengasosiasikan sebuah BRAND (merek) disebut dengan TAGLINE. Kata ini termasuk kata yang belum ada padanan katanya dalam bahasa Indonesia (Belum ada dalam kamus besar Bahasa Indonesia). Tagline bisa disamakan dengan sebuah semboyan yang sering digunakan untuk mengingatkan orang pada sebuah lembaga, produk atau ide.




Tagline biasanya berupa kalimat pendek yang jumlahnya lebih kurang 7 kata supaya mudah diingat dan menarik perhatian. Tagline dapat membantu seseorang yang belum mengenal suatu produk untuk menentukan apakah sebuah produk dapat membantunya dalam hal tertentu sesuai dengan kebutuhan.

Ada jutaan tagline yang sudah dibuat di dunia ini sebagai aktifitas branding, marketing dan membantu selling. Tetapi tidak semua tagline yang dibuat bisa berhasil. Tagline bukanlah tempat untuk mempertontonkan sebuah kreatifitas meskipun untuk membuat sebuah tagline diperlukan kreatifitas. Hal ini karena sebenarnya pengunjung sebuah toko, situs toko online atau website sebuah produk, ataupun pemirsa iklan di televisi tidak terlalu peduli apakah sebuah tagline itu menarik, lucu atau absurd. Pengunjung hanya peduli pada produk, mereka membutuhkan informasi apakah sebuah produk mereka butuhkan atau tidak. Dan dalam hal inilah tagline bisa dengan cepat memberitahukan apa yang ditawarkan oleh sebuah produk.

Beberapa contoh tagline yang berhasil :
Yamaha : Semakin di depan
Kapal Api : Jelas Lebih Enak
Top One : Oli Anda Top One Juga kan
Teh Botol Sosro : Apapun makanannya minumnya Teh Botol Sosro
Pegadaian : Menyelesaikan masalah tanpa masalah
Iklan Jawa Pos : Wah, sudah laku
Philips : Terus terang terang terus

Contoh-contoh tagline di atas bisa berhasil karena mempunyai unsur-unsur yang dibutuhkan untuk menjangkau benak konsumen dengan cepat. Unsur tersebut bisa karena taglinenya deskriptif (jelas), spesifik, superlatif (menunjukkan keunggulan), imperatif (menyuruh menyarankan sebuah aksi), provokatif (menantang, mengajak, dan memancing logika).

Sebuah tagline akan membantu branding sebuah produk agar bisa efektif dalam memarketingkan  produk yang tujuannya tentunya adalah peningkatan selling. Branding, marketing, selling meskipun mempunyai pengertian yang berbeda karena masing-masing mempunyai tujuan yang berbeda, merupakan aktifitas berulang yang terus dilakukan oleh sebuah produk atau perusahaan. Posisi tagline menurut pengertian saya adalah seperti peluru yang bisa ditembakkan ke target tertentu dalam aktifitas yang terdapat dalam branding, marketing, dan selling. Benak konsumen yang telah menjadi medan perang sejak lama saat ini akan semakin terbanjiri dengan tagline-tagline yang jumlahnya semakin banyak. Dari pihak perusahaan tentunya semakin perlu untuk meningkatkan kejelian dan ketepatan dalam menyusun tagline, sedangkan dari pihak konsumen juga harus semakin rajin untuk memfilter diri dari sebuan tagline agar rasionalitas dalam mengambil keputusan untuk membeli tetap terjaga.

Berikut ini adalah tagline terkini dari produk-produk yang rajin beriklan baik di televisi, radio, surat kabar, ataupun media sosial. Perhatikan taglinenya, Anda bisa menggunakannya sebagai hiburan, wawasan, atau sebagai alat untuk mengambil keputusan pembelian sebuah produk. Mana tagline yang Anda suka, dan apakah produk sudah memenuhi harapan sesuai dengan tagline ?

Axis : murah itu Axis
Bengbeng : beda makannya, beda enaknya
Better : dibetterin aja
Blibli : big choices big deals
Brontoseno : 100% kopi murni. Murni itu sehat 
Bukalapak : Situs jual beli online aman dan nyaman
Chips ahoy : Dibikin asyik aja
Class mild : simply authentic
Clear : kesegaran maksimal tak ada ketombe
Close up : Segar maksimal, dekat maksimal
Coca Cola : Rasakan momennya 
Cooling 5 : semprot aja
Dairy Milk : Bebaskan kegembiraan
Dettol : Dettol yakin
Detol gold : ibu masa kini hanya percaya bersihnya Dettol
Dunhill : make it your journey
Energen : minum makanan bergizi
Esse Change : click to change
Fitbar : snacking with no worry
Fiesta Black Tea : Enaknya pasti
Gazero : kembung reda
GG mild : style of new generation
Goon : tidak menggembung bebas bergerak
Hit : perlindungan terinspirasi dari ibu
IM3 : Yang lain penuh batasan, kami beri kebebasan
Indomie Real Meat : Meet the real meat
Indovision : bukan yang lain
Inzana : senangnya ga masuk angin
KFC : jagonya ayam
Luwak Ice Coffee : the real Ice Coffee
Luwak White Coffee : the real White Coffee
Lucky strike mild : join the circle
Marina : cerahkan kulit tidak lengket 
Marlboro : unleash the performance
Maxus : live to the max
Naavagreen : Natural skincare
Natasha : Nature meets technology
Nutrisari : Jeruk kok minum jeruk
OB herbal : cara herbal redakan batuk. Absolutely Herbal 
OLX : Cara tepat jual cepat
Panadol : Saat rasa sakit hilang, hidup jadi lebih bermakna
Pertamina : Energi untuk karya mendunia
Pilkita : pilihan kita
Pipa Power : pipa tanpa timbal
Rexona : setia setiap saat 
Rinso : 1x kucek noda hilang
Royco : penuh cita rasa 
Signature mild : Enjoy your signature moment
Simpati : Your Everyday Discoveries
Susu Zee : tumbuh tinggi dan banyak akal
Super star : 3x coklatnya 3x enaknya
Tokopedia : jual beli online aman dan nyaman
Tolak angin : orang pintar minum tolak angin
Tropicana Slim : Share the sweetness of life
U mild : makin dekat makin nekad
Vaseline : kekuatan memperbaiki
Wavin : di mana air mengalir sampai jauh
W'dank : Yang punya cuma kita
XL : Sekarang bisa!
Selamat menikmati dan terinspirasi.

By : BBIM



Back to Top